Black Moustache

TIPS IKUT PROGRAM EXCHANGE

Hola, Como estas ?



Sebenarnya lagi pengen share pengalaman aja. Ya mungkin tidak seberapa, tapi mungkin bisa bermanfaat untuk orang lain yang kebetulan ga sengaja membaca postingan aku ini. So langsung aja yah , aku dsni pure ngasih tips berdasarkan pengalaman aku yah.


Btw aku pernah ikut exchange program SEA-TEACHER Batch 4 di tahun 2017 ke Chiang Rai, Thailand. Dimana aku internship ngajar disana selama 1 bulan , ibaratnya kalau anak FKIP itu kaya PPL tapi di luar negeri. Nah aku ngajarnya di Chiang Rai Provincial Administration School. Selain itu, aku juga dapat beasiswa dari pemerintah Colombia di tahun 2018 untuk mempelajari Bahasa Spanyol kurang lebih 5 bulan dari Juli sampai November akhir. Nama Beasiswa nya ELE FOCALAE dan aku di tempatkan di Cartagena, Colombia.


Oke langsung aja ya, aku kasih tips-tips dari aku untuk yang tertarik mau ikut program exchange. Nah, yang pertama , hal yang paling utama kalian harus punya passport, kenapa? Kan mau keluar negeri, meskipun gak tau kapan? Karena biasanya ini akan jadi syarat saat apply beasiswa. Lagian gak ada ruginya kok untuk buat passport karena masa berlakunya juga lama.


Biasanya banyak pertanyaan muncul dan banyak yang ragu untuk ikut program exchange karena gak lancar dalam berbahasa inggris. Kalau ga lancar englishnya gimana? grammarnya jg ga bagus? menurut ku praktek itu penting banget! nanti lama-kelamaan akan jadi kebiasaan sendiri, dan jangan lupa untuk selalu konsisten belajar. Mulai dari latihan ngomong (misal ikut atau bikin diskusi in english sama teman-teman sekali seminggu misalnya) . Kemudian, biasakan untuk listening bisa dengan mendengarkan lagu, nonton film, nonton di youtube, atau instal aplikasi belajar yang sudah sangat banyak saat ini. Biasakan bikin jadwal sehari belajar dan practice , sehingga akhirnya terbiasa untuk mendengar dan berbicara. Ketika sudah yakin. Coba untuk tes toefl, sebelum tes toefl berlatih dulu tentunya dan ada banyak media untuk be;ajar toefl, mulai dari aplikasi, website, buku, video pembelajaran. Setelah tes dan dapat hasilnya tapi masih belum mencapai target, jangan menyerah ! Ada kok yang sampai tes berkali-kali, tapi terkait biaya toefl yang cukup mahal, mungkin bisa dengan biasakan untuk berlatih dulu menjawab soal-soal toefl.


Kalian coba list beasiswa yang mungkin akan kalian ikuti atau kalian minati. Setelah di list, catat jadwalnya, kemudian cari persyaratannya apa saja. Nah setelah itu, keep on track itu perlu banget! Penuhi semua persyaratannya satu persatu tapi pasti. Jangan terburu-buru, misal membuat essay. Semua perlu proses menurut ku, kalian harus membuat research dulu dari beasiswa nya, tentang diri kalian, interest dan passion kalian apa dan dimana, kemudian hal apa saja yg sudah kalian lakukan selama ini. Persyaratan lain juga dipenuhi, misal tes kesehatan (MCU Lengkap) , aku dulu MCU nya di Kimia Farma, biaya mungkin agak sedikit mahal dan ini yang perlu nabung banget. Oh ya jangan lupa kalau ada dokumen dari beasiswanya yg harus di ttd dokter , harus dibawa yah!


Setelah itu jangan lupa untuk UPDATE INFO terbaru dimanapun, fb, website, twitter, apalagi ig. Jangan malu buat nanya ke alumni yang udah pernah lolos, Kalau kita mau menggapai sesuatu , informasi itu pnting banget!! Tips and trik juga bisa dong nanya ke alumni :) Jangan lupa juga list semuanya satu-satu, misal kalian bikin list pertanyaan yang akan kalian tanyakan ke alumni kaya "ka gimana waktu interview? ditanyain apa saja waktu itu?" "Ka, waktu bikin essay kaka nyeritain apa aja?" "Ka, waktu disana apa yang kaka dapatkan?"


Kemudian, LIST OF YOUR EXPERIENCE, SUCH AS VOLUNTEER ACTIVITY, ACHIEVEMENT, GRANTEE OF SCHOLARSHIP , KEGIATAN ORGANISASI, dll. Ini tu penting bangeet banget banget!!! Karena biasanya akan ada essay atau pas di wawancara ditanyain nanti. Menurut aku list dulu kegiatan kalian selama ini tuh apa aja, udah ngehasilin apa aja, udah pernah ikut lomba apa aja, udah pernah ikut kegiatan pengembangan masyarakat apa aja, pokoknya hal hal seperti ini itu sebenarnya adalah sebuah modal kalian untuk "MENJUAL DIRI" Kalian. Jangan sampai kalau kalian pas apply banyak menyebutkan sdh pernah ikut ini itu , tapi saat ditanya kalian malah ga bsa ngejelasin peran kalian apa. Harus bisa menjawab! Dan tentunya harus menjual! Setelah kalian membuat list pengalaman kalian selama ini apa saja , selanjutnya adalah mengurutkan dari yang paling penting dan relate ke program yang akan kalian daftarkan. Kemudian ketika diminta membuat essay, cobalah menceritakan sesuai dengan apa yang benar-benar dilakukan dan cara penulisan juga yang bisa menunjukkan bahwa kalian selama ini sebagai anak muda di negara kalian, kalian melakukan hal-hal positif dan berdampak untuk lingkungan kalian serta kalian terlibat aktif dalam berbagai kegiatan.


Alasan kenapa kamu layak terpilih sebagai penerima program dan apa yang akan kamu lakukan jika kamu terpilih ? Nah biasanya pertanyaan begini akan ditanyakan baik di formulir pendaftaran ataupun saat di interview. Ini adalah pertanyaan yang harus kalian jawab dengan sungguh-sungguh. Karena biasanya mereka akan menilai dari alasan kamu kenapa ingin ikut program ini, kenapa kamu layak dipilih, dan kontribusi apa yang akan kamu lakukan ke depannya. Tips dari aku kamu harus tahu dulu sebenarnya tujuan kamu ingin ikut program tersebut apa , alasan "mencari pengalaman" adalah jawaban yg begitu klasik & pastinya samua orang pengen mencari pengalaman, cobalah cari hal logis lainnya yg benar-benar menunjukkan bahwa kamu ingin ikut program exchange tsb. Dari sekian banyak pendaftar, sertakan juga alasan logis kenapa kamu layak dipilih, misal karena program tersebut akan memberikan dampak yang besar terhadap masa depan kamu dan akan menunjang masa depan kamu atau mendukung kamu dalam bekerja nantinya . Pengetahuan tentang program exchange juga sangat diperlukan. Kamu harus tahu dlu, program tersebut tentang apa, tujuannya apa, visi misinya apa , kenapa program tersebut diadakan. Biasanya hal ini akan ditanyakan baik di form pendaftaran maupun saat interview. Pengetahuan tentang negara yang akan dituju. Sebelum memilih sebuah program & negara mana yang ingin kamu tuju, tentu biasanya kita mencari tahu tentang negara tersebut, baik dari segi pariwisata, hal unik, hal yg membuat kamu sangat ingin ke negara tsb, hal yang ingin kamu pelajari. Selain itu, isu terbaru juga tentang negara tersebut kalian harus cari tahu, hubungan negara tersebut dengan indonesia dalam berbagai bidang, hal yang membuat negara tersebut terkenal (misal karena daerah penghasil kopi, atau misal terkenal karena ada bangunan bersejarah). Jadi kalian akan terlihat memiliki banyak ketertarikan terhadap negaranya. Serta sertakan alasan logis kenapa kalian ingin ke negara ini, hal apa saja yg membuat kalian tertarik dan apa yang ingin kalian dapat setelah tinggal atau mengunjungi negara tsb.




Share:

0 komentar