Black Moustache

Cerdas Cermat Matematika Gebyar Matematika Unlam 2013

Cerdas Cermat Matematika Gebyar Matematika Unlam 2013
Hola a todos!
Beberapa bulan yang lalu, FKIP Matematika UNLAM ngadain Gebyar Matematika.Gue yang tergabung dalam Tim Olimpiade Matematika Smada sejak kelas 10, dipilih Ibu Noni (Pembina Matematika gue setelah Bapak Suroto) nah, jadi gini :
Ibu Noni : “ Kesuma ini ada lomba cerdas cermat matematika sama kuis matematika di UNLAM, kamu ikut cerdas cermatnya yah sama kelas 2 berdua”
Gue : “Anan gak ikut ya bu?”
Ibu Noni : “Anan ikut, tapi dia di kuis aja, kamu yang CCM nya”
Gue : “gak boleh ikut dua-duanya ya bu?”
Ibu Noni : “boleh dua-duanya kok”
Gue : “ya udah bu, saya sama anan ikut dua-duanya aja bu, anan pasti mau kok bu”
Ibu Noni : “ok, nanti ibu daftarin ke panitianya ya”
Gue : “Materinya apa aja ya bu kira-kira?”
Ibu Noni : “Kalau yang cerdas cermat, materi kelas 10 sampai kelas 12, kalau yang kuis materi olimpiade tapi yang berhubungan sama pelajaran di sekoalh juga”
Gue : “Oh gitu bu, berarti saya harus belajar dari awal lagi bu, tapi dilatih gak bu?”\
Ibu Noni : “Iya, dilatih nanti ibu kabarin lagi ya”
Gue : “ok bu, makasih ya bu” (salim tangan)
Dari situlah awalnya gue jadi ikut, nah. Hari pengumpulan kuis pun tiba, waktu itu kalau gak salah awal November gitu deh, gue ngumpulin kuisnya dan ngerjain kuisnya hari sabtu, pas pelajaran olahraga itu, turun naik ke kelas asnan buat ngambil jawaban kuis dia, data diri dia, dll. Huh cape banget pokoknya waktu itu, bolak-balik ke kantor juga. Gue pun bingung, Ke UNLAM sama siapa waktu itu, akhirnya ada temen gue yang baik banget mau anterin gue, sebut saja ai. Gue kesana sama dia, nyari secretariat himaptika nya juga sama dia. Anjay ngosngosan lari dari sekolah tadi, sampai di UNLAM juga masih ngosngosan. Akhirnya gue waktu itu ketemu ka nazmi, ka dara, dkk. Gue ngumpulin deh tuh 2 amplop gue sama anan yang isinya data diri dan jawaban kuis.
                Hari senin atau selasa gitu gue minta di temenin lagi sama ai buat ngedaftar CCM, LOL WUT. Daftarnya kenapa gak sekalian waktu itu aja coba, oh ya waktu itu karena masih bingung soal tim, jadi smada ngirim dua tim, tim 1 gue anan sama aldi, tim 2 ais, dewi rara, sama emma. Nah jadi waktu itu gue juga yang dafterin ke dua timnya ke UNLAM. Cape itu pasti. But semua usaha itu ada hasilnya.
Pengumuman yang masuk semifinal kuis pun diumumkan jeng-jeng…….
Gue lupa itu hari apa, waktu itu ibu noni manggil gue, gue langsung turun ke bawah. Dan tiba-tiba ibu noni nyalamin gue, lalu bilang gini “Kesuma selamat ya, kamu masuk semifinal kuis”. DAMNED, BAHAGIA banget disitu, dan yang masuk itu gue aja :’( kenapa anan gak masuk coba??? Entahlah jawaban gue sama anan sama but cara penyelesaiannya beda, jadi ya gitu deh entah panitianya nilai dari segi apa gue gak tau juga. Pokoknya gitu lah.
Gue pun semakin semangat belajar. Tiap jam kosong, terus memperdalam materi, tiap mau tidur coba-coba ngerjain soal-soal sampai ketiduran.
Hari semifinal kuis pun tiba, disitu gue buntu banget, entah kenapa itu terasa SU TO THE SAH banget. Dan gue pun gak yakin sama jawaban gue sendiri. Wkwk. Dan pengumuman pun menjawab semuanya, gue gak masuk final :’(
But, waktu penyisihan cerdas cermat dari beberapa tim,  tim gue masuk. Dan bangganya lagi, nilai perorangan waktu itu nilai gue yang paling tinggi. Sementara niali grup masih standar tapi gak jauh-jauh amat lah pokonya. BUT KAMI MASUK SEMIFINAL. Thanks Allah. Semua usaha yang di lakukan dengana kerja keras dan terus berdoa akan membuahkan hasil yang memuaskan.
Gue pun makin giat untuk terus belajar sampai akhirnya tiba babak semifinal. Disitu gue gugup setengah mampus, why?? Karena waktu itu udah pake bel, udah harus cepat-cepatan. Dan harus pake bahasa inggris juga soalnya. Ada beberapa soal yang memakai bahasa inggris, haduh makin gugup deh. Tapi waktu penyisihan kemaren juga ada sih, but its so easy bahasa inggrisnya, karena kita kan disediain teks, bukan kaya gitu pake bel dan cepat-cepatan, hal itu yang ngebuat gue gugup dan gugup. Minta restu orang tua, guru, dan teman-teman pun sudah, tinggal kami yang berusaha.  Dan inilah hasil dari usaha kami bertiga (gambarnya gak bisa diupload huh siaal maaf ya guys ). Alhamdulillah, kami bisa menjawab soal dengan baik.



Babak final pun tiba……
Gugup dan gugup, semakin memuncak waktu itu. Satu kelas waktu itu nonton jadi sporter. Hahaha keren smada emang kompak! Persaingan pun snagat sengit sekali, dimana lawan gue juga sangat benar-benar gesit dan cerdas. Gue pun terus berdoa, semoga kami bertiga tidak tertinggal jauh dan bisa mendapatkan juara.  Ada beberapa kesalahan yang kami lakukan waktu itu :’( salah satunya kami benar menjawab hanya tertinggal satuan phi. Betapa gugupnya waktu itu. Tapi ya sudah lah, kami tetap semangat dan semangat. Pada babak rebutan pun kami hamper tidak mendapat bagian karena kalah cepat dengan smasa pelaihari, Cuma beberapa soal kami bisa menjawab tapi Alhamdulillah benar. Di babak penawaran kami terlalu berani bertaruh nilai, dan Alhamdulillah juga, itu sangata membantu. Pada saat itu sebelum berangkat ke UNLAM, kami tidak ada pendamping karena anak ibu noni sakit, kami pun bingung, tapi Alhamdulillah ada ibu yana yang mau mendampingi kami. Pada saat itu orang-orang dikantor pun bingung, siapa yang bersedia mendampingi. Semua guru-guru mendukung dan mendoakan kami. Dan Alhamduillah, atas berkat doa dari orang tua, guru-guru, teman, beserta kerabat sekalian, akhirnya kami mendapatkan Juara II. Ini hasil akhirnya :




Share:

0 komentar